Breaking News
Loading...
September 21, 2015

Macam macam OOP

A. ENCAPSULATION, adalah mekanisme untuk menyembunyikan suatu proses dan data dalam sistem, selain untuk menghindari interferensi, juga berfungsi untuk menyederhanakan penggunaan proses itu sendiri. Dengan kata lain, berfungsi untuk membungkus attribut agar terhindar dari akses ilegal. Pada tahap awal pengenalan OOP, kita diharuskan memahami 2 macam enkapsulasi, yaitu :
(1) Private, untuk mendeklarasikan instance variabel;
(2) Public, untuk mendeklarasikan method yang akan diakses variabelnya.

B. INHERITANCE, disebut juga pewarisan. Untuk mewariskan atribut dan method dari sebuah Class, kepada Class lain atau Subclass, atau membentuk class hierarchy. Pewarisan ini bertujuan untuk Reusability dan perluasan attitude. Keywordnya pada java adalah extends.

C. POLYMORPHISME,adalah kemampuan untuk memperlakukan object yang memiliki perilaku atau bentuk yang berbeda. Terdapat 2 macam pada implementasinya, yaitu :
(1) Overloading : Kemampuan untuk menggunakan nama yang sama untuk beberapa method yang berbeda parameter (tipe dan atau jumlahnya);
(2) Overriding : Kemampuan subclass untuk menimpa method dari superclass, yaitu dengan menggunakan nama dan parameter yang sama pada method.


sumber : http://erfan2040.blogspot.co.id/2012/12/pemahaman-oop-object-oriented.html

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer