Skip to main content

Jeritan Pembuat Mobil Listrik

 Lupakan politik sejenak...

1001carakita.blogspot.com kita dengarkan jeritan hati maestro pembuat mobil listrik ini. Salah satu putera kebangaan Bangsa yang tersia-siakan..
Saya sampai meneteskan air mata ketika membaca ini.. bagaimana dengan agan2 sekalian? Setelah melihat perjuangan Ricky Elson dkk demi bangsa, masihkah ada manusia yang tega menghujat proyek mobil listrik?

Saya, Merasa Sangat Bersalah…

saya, merasa sangat bersalah…
pada “orang tua”yang tak berhenti berjuang itu.
pada seseorang sangat memberikan kepercayaan besar pada saya yang sebenarnya tak memiliki ilmu seperti yang dibayangkan banyak orang.

saya merasa bersalah…
karena menyanggupi permintaan beliau..
walau saya sendiri di beberapa pertemuan awal telah menceritakan beratnya mewujudkan mobil listrik dengan kondisi seperti ini di Indonesia dan selalu meyakinkan beliau, bahwa bukan untuk 1 tahun 2 tahun ini..

saya merasa bersalah…
karena menyanggupi akan membantu mewujudkan dalam 1, 2 tahun dari pertemuan itu, dengan harapan beliau..
bahwa project awal ini adalah untuk meyakinkan pemuda pemudi indonesia
bahwa kita sanggup jika kita berjuang.. sungguh sungguh..

saya merasa bersalah…
menyatakan sanggup membuat prototipe mobil listrik dengan biaya hitungan beberapa Milyar…
dimana untuk projek yang saya ikuti di jepang 1 projek prototype , dengan dana konsorsium hingga 60 milyar

saya merasa bersalah…
menyanggupi…
padahal saya tahu, dinegeri ini semua peralatan terbatas…

saya merasa bersalah…
ketika diawal saya setuju diutus ke beberapa BUMN industri untuk menganalisa kemampuan perwujudan mobil listrik
dengan kondisi yang ada pada saat itu…ketika untuk mengembangkan mesin penggerak, Motor Listrik..
tak ada peralatan Laser Cutting, Wire Cutting dan Mesin Stampin.. untuk membuat komponen stator dan rotor…

saya sangat merasa bersalah…
karena ketika pertemuan dengan RI1 satu di Gedung Agung Jogja… 25Mei, dihadapan 38 rektor, beberapa mentri yang telah memaparkan roadmap Mobil listrik Indonesia, dengan lantang saya berkata akan mewujudkan mesin mobil listrik yang saat itu baru direncanakan lahir akhir tahun 2014 ini, dalam waktu 3 bulan, atau dihari Harteknas 2012.

saya sangat merasa bersalah…
pada kolega di perusahaan saya, ketika teknologi yang belum saya patenkan disana, bulat-bulat saya berikan ke sebuah BUMN,
dan kami berpacu dengan waktu mewujudkan mesin mobil listrik tersebut, dimana hampir semua dari mereka tak percaya, Motor Listrik dengan berat komponen Untama 16 kg ini akan mampu menggerakkan Mobil dengan daya rated 30kW (40HP) dan peak 50kW.

saya merasa bersalah…
karena untuk menjawab, tantangan Presiden Negeri lebih dari 250 Juta jiwa ini, saya memesan prototipe dengan nama pribadi ke Partner Perusahaan di Jepang…

saya merasa bersalah…
pada Istri saya melibatkan dia dalam perjalanan berbahaya di tanggal 19 Juli 2012, dengan memasukkan kedalam koper saya prototipe Stator dan Rotor motor listrik untuk mimpi yang sangatlah berat ini. saya merasa bersalah melihat wajahnya yang sangat mengkhawatirkan saya, dengan doa, agar saya tidak tertangkap di bandara Jepang dan di Bea Cukai Indonesia…

saya… merasa bersalah…
memberikan mimpi pada pegawai BUMN, yang saya ajarkan proses produksi motor listrik ini, berharapa akan banyak pesanan jika program ini berkelanjutan dari seluruh universitas yang terlibat pengembangan mobil listrik…

saya merasa bersalah…
telah membuat sahabat sahabat BUMN ini… bekerja siang malam tanpa libur, sejak 20Juli 2012… hanya untuk mewujudkan 1 mobil konversi bertenaga listrik, namun dengan mesin buatan tangan mereka.. yang akhirnya, pada hari Harteknas tersebut… hanya ada kebanggaan sepi dari para teknisi.. tanpa penghargaan akan jerih payah mereka…

saya juga sangat merasa bersalah sekali…
tak bisa membiarkan Pak Tua ini…
berjanji pada media, bulan 7, setelah umrah, bulan 10, bulan 11…. untuk memamerkan sebuah karya indah Mobil lsitrik Tucuxi, yang tak kunjung selesai.. karena sesuatu dan lain hal.. saya tak tega, melihat beliau tetap tenang ditagih media, “kapan ferrari listriknya ditampilkan pak?”

dan saya merasa bersalah…
ketika harus bilang pada beliau… saya ikut campur untuk menyelesaikannya… sehingga terjadilah perpecahan antara Sang Pencipta dengan Beliau, hanya karena saya….tentu saja mobil tersebut berhasil di Launching… dengan penuh kekurangan disana sini… namun harapan pada kejayaan harus di gelorakan… apapun pengorbanannya..

saya merasa bersalah…
walau pun saya dan team, sudah menjelaskan bahwa…
mobil tersebut belum akan mampu… menempuh perjalanan dari solo ke magetan…. namun kalah dengan keyakinan beliau, bahwa… anda harus membuatnya mampu…

saya merasa bersalah…
pada team Kupu kupu malam… mengajak mereka dalam resiko hidup mati… untuk menyiapkan perjalanan itu, dengan memperbaiki berbagai fitur keamanan, penguatan posisi baterai, penggantian sistem AC, perbaikan Steering, perbaikan AC, dan Sistem pengereman…

saya merasa bersalah…
ketika keluarga teman-teman saya di Jepang bercerita.. indahnya tahun baru pada istri saya, saya dan Team… diam diam setiap hari menguji performa mobil di Turgo Merapi, simulasi.. perjalanan Cemara Sewu… bertaruh nyawa, yang pastinya dimata pengomentar… mengapa ga uji di sirkuit…mengapa ga begini , mengapa ga begitu…

saya sangat merasa bersalah…
setelah saya menceritakan hasil uji dan kekhawatiran saya tentang Fungsi Rem saja… saya masih belum mampu mengalahkan tekad ORANG TUA ini….

saya merasa bersalah sekali…
mempertaruhkan nyawa seorang menteri yang begitu yakin dan sungguh-sungguh pada kejayaan bangsa ini… dengan perjuangan mewujudkan mobil listrik…

saya merasa bersalah sekali…
tak mampu membuat beliau mengurungkan niat untuk melanjutkan perjalanan setelah pemberhentian sejenak…itu…

saya merasa bersalah…
telah membuat khawatir dan gundah pada sikap gila saya sehingga terjadinya kecelakan tgl 5 januari 2013 itu, yang membuat istri, ibu dan semua bunda2 tercinta saya menangis tersedu sedu… walau saya dan beliau tak mengalami luka sedikitpun… berkat perlindungan Allah..

saya merasa bersalah dan geram…
Tak bisa membela beliau.. dipermalukan oleh media dan orang orang tak berhati… dari siaran televisi yang hanya saya bisa tonton dari youtube di Jepang..

saya merasa bersalah…
menyetujui dikembalikan ke jepang sementara… agar saya tak memberikan klarifikasi yang sebenarnya… untuk membela beliau…
sambil berkata… ” Rick… kalau ada anak yang teriak ke teman dan tetangga protes pada bapaknya… apa mungkin bapaknya… bela diri dan bilang ke tetangga bahwa anaknya.. lah yang jahat, atau membiarkan saudaranya membela bapaknya.. dan ikut bilang saudara tuanya,. yang salah?”

Saya merasa bersalah sekali…
1 jam setelah kecelakaan… saya masih meng IYA kan… bisikan beliau… “anda sanggup bikin satu lagi, yang lebih baik, pake gearbox… kita lewat sana lagii”…dan bibir saya dengan semangat dan senyum membara..berucap ” sanggup Abah”…

saya merasa bersalah…
setelah menyanggupi… tak mengizinkan beliau sedikitpun melihat prose pengerjaan… mobil listrik Selo dan Gendhis….
hanya dengan janji… akan menyelesaikan 5 unit mobil tersebut tepat Waktu di Ajang APEC 2013, di Bali oktober lalu…..

saya merasa bersalah…
bahwa dengan kekurangan peralatan presisi di sana ini.. saya harus memforsir kemampuan para maestro Selo dan Gendhis, siang malam 5 bulan…. mewujudkan nya..

saya merasa bersalah…
tak mampu meyakinkan bapak bapak saya di kemenhub dan kemenristek… bahwa ini.. adalah awal perjuangan kemandirian bangsa yang harus didukung…didukung sepenuh hati…. sepenuh hati.. sepenuh jiwa sepenuh raga….

saya sangat merasa bersalah dan bersedih…
melihat wajah Orang Tua… yang sangat berharap izin mengendarai… hanya untuk menguji dengan kondisi jalan sebenarnya… untuk riset dan perbaikan performa… bukan unuk menjual apalagi produksi…namun tak kunjung jelas…

saya sangat sedih tak terkira….
ketika saya tahu beliau merasa sangat bersalah pada diri saya, merasa telah menjadi penyebab saya meninggalkan kehidupan di jepang dan bahagia bersama keluarga… untuk mimpi yang tak kunjung jelas ini….

padahal saya sangat bahagia…
ada beliau yang mengerti perjuangan….saya.
dan saya tak berharap rasa penyesalan dan rasa bersalah beliau memanggil saya pulang ke negeri ini…
karena , saya begitu percaya pada takdir….

pada Keputusan SANG MAHA BERKEHENDAK….
bahwa semua ini adalah takdir dan skenario dari NYA…
maaf kan saya Abah….

saya tak akan kembali lagi untuk tinggal di Jepang…
dari hati kecil yang paling dalam…
jangan “usir” saya dari negri ini….

saya akan tetap berjuang dengan segala keterbatasan ini…
dan insyaAllaah tak akan menyerah dan menyalahkan siapa siapa ketika..
jawabannya adalah kegagalan … dimata mereka.

ada pepatah dikampung halaman saya…
“indak ado kayu, janjang dikapiang”…

bismillah…. semoga Allah memberikan jawaban atas perjuangan kecil ini…
sungguh saya mohon maaf pada Istri, Keluarga, pada Guru2 saya… dan pada Abah, Orang Tua yang terus berjuang….untuk kejayaan bangsa ini…

jangan lah merasa bersalah pada hidup saya,
karena Saya adalah Tokoh utama dari hidup saya dengan
penulis skenario… SANG MAHA GURU.

hemmmmmm
sebagai balasan… MH tentang saya… lalu.

ciheras , 1 Mei 2014
Hari inipun…
dalam kondisi yang masih labil dan emosional..
namun berusaha untuk menenangkan diri…..
cerita Ciheras… cerita Saya…

source kaskus facebook

Comments

  1. Tetap semangat ... semoga negara ini terus berjalan kedepan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Stopped Working POINT BLANK di Windows7

Periksa sistem anti virus laptop atau PC Virus adalah masalah umum yang sering dialami dan menjadikan penyebab mengapa aplikasi berhenti secara tiba-tiba atau bekerja dengan sangat lambat. Maka jika kita mendapati aplikasi berjalan dengan sangat lambat atau tiba-tiba aplikasi force close, kita perlu memeriksa seluruh sistem pada komputer, mungkin saja disebabkan oleh virus yang menyusup ke dalam sistem. Selalu lakukan update secara rutin pada antivirus untuk mendapatkan keamanan yang maksimal pada komputer atau laptop, itu dapat membantu mengamankan komputer dari virus dan melancarkan jalannya aplikasi. Periksa file yang rusak (corrupted files) Pada dasarnya yang membuat windows explorer berhenti bekerja adalah karena kita memiliki beberapa file yang rusak atau corrupted files. Itulah yang menyebabkan kesalahan dan kadang-kadang menjadi alasan utama mengapa aplikasi berhenti bekerja. Jadi coba cari atau periksa barangkali ada beberapa file yang rusak, jika ada hapus file terse

Dampak Alexa Booster

1001carakita.blogspot.com, Selamat Malam pembaca setia 1001 CARA KITA :D  Kali ini saya akan membahas DAMPAK MENGGUNAKAN ALEXA BOOSTER atau KEKURANGAN ALEXA BOOSTER langsung simak aja di bawah.. 1001carakita.blogspot.com Dampak Menggunakan Alexa Booster Pada Blog Dan Website". Sudah tau software ALEXA BOOSTER..??? Software ini berfungsi untuk Merampingkan Rank Alexa. Eitsss... tunggu dulu. tunggu dulu.. jangan langsung DOWNLOAD APLIKASI INI ( ALEXA BOOSTER ) . Kamu tau ga..?? Bahaya Menggunakan software ini kepada Blog/ Website ..??? Ga tau kan. makanya jangan langsung di download dulu.. wkwkwkkk Oke langsung saja, sebelumnya ini adalah kisah NYATA Dari seorang teman saya yang menggunakan Software ini, Nama Dan Web di SENSOR Biar ga malu teman saya. wkwkwk Nah begini, Temen saya punya sebuah blog, nah blog dia itu udah dapat PageRank 4 oleh google. tapi sayang seribu sayang, RANK ALEXA-nya itu masih gede. di atas 900.000 gitu lah. saya juga lupa. wkwkwkwk. Pada

Cara Mendapatkan VPN PREMIUM Gratis

1001 CARA KITA , Buat para gretongers mania yang butuh kecepatan internet menjadi kencang ,VPN menjadi tokoh Utama untuk urusan Internet Gratis dan wussshhh wussshh :D , Sama hal nya dengan SSH gratis , VPN juga untuk menjadi koneksi internet kita menjadi cepat dan stabil ! Namun kalau kita mencarinya kebanyakan gak ada yang free semua harus berbayar. Tapi tenang kali ini saya akan membagikan gratis untuk anda okkey lansung aja kita bahas :D Fitur Dari kepard : Mudah Untuk Koneks Dan Mengganti IP dengan 1 kali Klik Mudah mengganti Server dan jenis Koneksinya Mudah di Konfigurasi Otomatis mendeteksi Server yang putus dan Bisa Dikoneksikan kembali Kenapa menggunakan kepard VPN? Servers Di mana- mana : Supports OpenVPN, L2TP, PPTP Konek Dari berbagai lokasi dengan 1 waktu 24x7x365 User support NAT Firewall Up to 256 Bit Encryption Windows, Linux, MacOS, Android, iOS Offshore service provider Unlimited traffic Unrestricted speeds Allows torrents and